KH Ahmad Supian, Ulama Tawadhu di Banjarmasin


guru supian




Oleh: Muhammad Bulkini

Dalam video singkat ini, anda menyaksikan KH Ahmad Zuhdiannoor bertukar tempat dengan seorang lelaki tua yang duduk menyender di kursi lesehan Arab. Lelaki tua dengan pakaian biasa itu adalah KH Ahmad Supian atau Guru Supian.

Guru Supian adalah salah satu ulama tawadhu yang pernah saya saksikan. Tak jarang, beliau duduk membaur bersama jamaah, dengan pakaian yang hampir serupa.

Pertama kali saya menyaksikan Guru Supian duduk membaur dengan jamaah adalah di majelis haul Habib Hasan Al Kaff, di kediaman keluarga almarhum, di belakang Masjid Noor Banjarmasin. Guru Supian duduk takjim sepanjang acara.

Kali kedua, ketika penulis menghadiri peringatan keagamaan di Kemenag Kota Banjarmasin. Ketika itu yang menjadi penceramah adalah Drs KH Rusdiansyah Asnawi, Ketua Fatwa MUI Kalsel di masanya. Guru Supian ketika itu juga duduk di belakang berbaur dengan jamaah.

Tidak hanya di pakaian, dalam perkataan dan pergaulan pun ulama ini sederhana. Jika anda bertanya beliau alumni pesantren apa, beliau mungkin menjawab, "Saya hanya lulusan madrasah."

Ya, beliau memang lulusan madrasah, tepatnya madrasah Darussalam. Madrasah yang kemudian berganti nama menjadi Pondok Pesantren Darussalam, Martapura. Selain di Darussalam, beliau juga menimba ilmu di kota Makkah, kalau tidak khilaf di Madrasah Shaulatiyah.

Memang lulusan madrasah bukan?

Pulang dari Makkah, Guru Supian aktif menjadi pengurus di Masjid Noor Banjarmasin, membangun madrasah, membina majelis, juga mengajar di Pesantren Al Mursyidul Amin, Gambut.

Di organisasi, beliau pernah menjabat sebagai Rais Syuriah PCNU Kota Banjarmasin dan Rais Syuriah PWNU Kalsel.

***

Jika anda meragukan cerita saya, anda bisa menghadiri majelis ta'lim beliau di Masjid Sabilal Muhtadin. Atau, anda bisa mendengarkan khutbah jumat beliau yang ringkas, renyah, namun membuat anda menimbang diri, dan diam-diam mengucap istigfar berkali-kali.(*)

Posting Komentar

0 Komentar